2 Pekerja Migran Positif, Varian Baru Covid-19 Hantui Jatim!

RAWAT PMI POSITIF CORONA: Rumah Sakit Lapangan Indrapura merawat pekerja migran positif Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
RAWAT PMI POSITIF CORONA: Rumah Sakit Lapangan Indrapura merawat pekerja migran positif Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Varian baru Covid-19 mulai menghantui Jatim. Setelah warga Mojokerto kedapatan positif B117 strain UK (Inggris) sepulang dari Kongo, terbaru 2 dari total 14 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Jatim secara bergelombang ditemukan terpapar B117 dan B1351 strain Afrika Selatan.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, kedua pekerja migran tersebut masing-masing berasal Kabupaten Jember dan Sampang. Saat ini keduanya tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

“Saat ini dirawat di RSLI di kamar khusus, baik yang dari Jember maupun dari Sampang. Satu teridentifikasi B117 yang berarti strain UK (Inggris) satu lagi B1351 yang berarti strain dari Afrika Selatan,” ujarnya, Senin (17/5/2021).

Meski demikian, Khofifah meminta pasien lainnya yang dirawat di RSLI tidak perlu khawatir, karena kedua pekerja migran tersebut tak hanya ditangani di kamar khusus tapi juga terpisah.

“Jadi untuk pasien lainnya di RSLI tidak perlu khawatir. Para pekerja migran ini ditangani di kamar sendiri-sendiri dengan prosedur yang ketat,” ujarnya.

Sebelumnya, masuknya varian baru Covid-19 ke Jatim tersebut diungkap Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers seusai rapat terbatas di Istana Kepresidenan.

“Minggu lalu kita ketemu dua lagi mutasi baru, dua-duanya terjadi di Jatim. Keduanya adalah pekerja migran Indonesia yang baru datang dari Malaysia. Satu mutasi Afrika Selatan dan satu mutasi dari London,” bebernya.

Tiga Kasus Varian Baru

HANTUI JATIM: Gawat! Virus varian baru Covid-19 sudah masuk di Mojokerto, Jember, dan Sampang. | Foto: IST
HANTUI JATIM: Gawat! Virus varian baru Covid-19 sudah masuk di Mojokerto, Jember, dan Sampang. | Foto: IST

Menurut Budi, dua virus mutasi baru Covid-19 tersebut tingkat penularannya lebih tinggi dari virus Covid-19 sebelumnya. Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan protokol kesehatan.

Apalagi, tandas mantan wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, saat ini ada tiga variant of concern yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni B117, B1351, dan B1617 (India).

Sementara di Jatim, dengan ditemukannya 2 pekerja migran positif B117 dan B1351, maka sudah ada tiga imported case alias varian yang didapatkan dari penularan perjalanan warga dari luar negeri yang mulai dilakukan pemeriksaan sejak Januari lalu.

Satu lainnya yakni warga Kabupaten Mojokerto yang kedapatan positif B117 sepulang dari kegiatan di Kongo. Namun menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, Herlin Ferliana dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (6/5/2021), sudah dinyatakan sembuh.

Alhamdulillah di Mojokerto masih aman dari penularan, karena yang bersangkutan dilakukan karantina dengan baik,” ucap mantan Dirut Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya tersebut.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona