2 Juta Suara Barikade Gus Dur Siap Mengalir ke Khofifah-Emil

BARIKADE GUS DUR: Deklarasi dukungan Barikade Gus Dur untuk KHofifah-Emil Dardak pada Pilgub Jatim 2018 di Surabaya, Rabu (6/6) sore. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
BARIKADE GUS DUR: Deklarasi dukungan Barikade Gus Dur untuk Khofifah-Emil Dardak pada Pilgub Jatim 2018 di Surabaya, Rabu (6/6) sore. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – 21 hari lagi coblosan Pilgub Jatim 2018, dukungan untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak kian menggurita dari berbagai elemen masyarakat di Jatim.

Terbaru, bertempat di salah satu rumah makan di Surabaya, Rabu (6/6) sore, Barisan Barikade Gus Dur (Barisan Kader Gus Dur) Jatim mendeklarasikan diri mendukung dan siap memenangkan pasangan Cagub-Cawagub Jatim nomor urut satu tersebut.

“Total, kader kami ada dua juta di Jatim, ini belum termasuk keluarga. Untuk memenangkan paslon nomor satu kita akan maksimalkan semuanya,” tekad Ketua Dewan Pembina Barikade Gus Dur Jatim, Miftahul Huda saat deklarasi.

• Baca: Bareng Mbah Moen, Emil Hadiri Haul Sayyid Alawi Pasuruan

Karena itu, pihaknya akan memaksimalkan semua kadernya di setiap cabang di 38 kabupaten/kota untuk memenangkan Khofifah-Emil. “Di daerah seluruh kader akan bergerak,” tegasnya, sembari menambahkan Barikade Gus Dur merupakan wadah bagi para pecinta Gus Dur yang berjuang di ranah politik.

Bahkan, lanjut Miftah, pihaknya menyatakan kesediannya menjadi saksi di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara). “Penguatan saksi dimungkinkan, jika dibutuhkan kami siap. Kami siap memenangkan Ibu (Khofifah) di ‘pertarungan’ ini,” paparnya.

• Baca: Khofifah-Emil Beri Perhatian Lebih untuk Penghafal Al Qur’an

Apa yang mendasari memilih Khofifah? “Kita melihat Ibu ini sangat dekat dengan Gus Dur, sehingga banyak tahu tentang pemikiran Gus Dur sekaligus mengimplementasikannya dalam kepemimpinannya,” ujarnya.

Selain itu, Khofifah dinilai sebagai pemimpin berkarakter kuat. “Dimana saja memimpin, institusinya pasti solid dan sifat beliau melayani. Ini yang penting,” tegasnya.

Khofifah Kader Utama

KADER GUS DUR: Emil Dardak, sudah selayaknya jika ada gerakan yang mengatasnamakan Gus Dur dan Khofifah ada di dalamnya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
KADER GUS DUR: Emil Dardak, sudah selayaknya jika ada gerakan yang mengatasnamakan Gus Dur dan Khofifah ada di dalamnya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Sementara Emil mengapresiasi langkah nyata Barikade Gus Dur. “Ini dukungan moril yang luar biasa dari beliau-beliau yang tetap memperjuangkan nilai Gus Dur, serta setia sepanjang hayat Gus Dur sampai beliau wafat,” ujarnya.

“Intinya bagaimana menjadikan Jatim ini menjadi benteng dari kita dalam memperjuangkan Islam rahmatan lil alamin, kita ingin bangun umat.”

• Baca: Ngaji Bareng Cak Nun, Emil Ajak Hadapi Revolusi Industri 4.0

Suami Arumi Bachsin itu menambahkan, lantaran Khofifah merupakan kader utama Gus Dur, maka selayaknya jika ada gerakan yang mengatasnamakan Gus Dur dan Khofifah ada di dalamnya. “Dari awal beliau berjuang bersama Gus Dur,” ucapnya.

Khofifah, menurut Emil, merupakan tokoh yang mampu membawa sembilan nilai perjuangan Gus Dur. “Insyaallah beliau mampu memimpin Jatim sesuai dengan nilai perjuangan Gus Dur. Kami juga ingin membangun bangsa dan membawa nilai-nilai yang baik,” pungkasnya.