2 Juta Pemilih Potensial di Surabaya Didominasi Perempuan

DIDOMINASI PEREMPUAN: Purnomo Satriyo Pringgodigdo, jumlah pemilih potensial di Surabaya didominasi perempuan. | Foto: Ist
DIDOMINASI PEREMPUAN: Purnomo Satriyo Pringgodigdo, jumlah pemilih potensial di Surabaya didominasi perempuan. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – KPU Surabaya mencatat: Jumlah pemilih potensial di Kota Pahlawan didominasi perempuan, yakni 1.027.344 orang. Sementara pemilih pria sebanyak 981.728 orang. Jumlah ini nanti yang akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilh Sementara (DPS) oleh KPU Jatim.

Divisi Hukum KPU Kota Surabaya, Purnomo Satriyo Pringgodigdo menuturkan, penentuan jumlah pemilih ini berdasarkan rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang digelar Senin (12/3) malam.

“Jumlah pemilihnya telah diputuskan dalam rapat pleno rekapitulasi DPHP untuk Pilgub Jatim yang berakhir pukul 22.30 WIB, pada hari Senin,” terangnya kepada wartawan, Selasa (13/3).

• Baca: Bawaslu Tak ‘Bernyali’ Turunkan Paksa Billboard Liar Paslon

Purnomo menambahkan, kegiatan dalam rangka menyambut Pilgub Jatim 2018 ini sebenarnya sudah dimulai sejak 8 Maret lalu. Kemudian, sebelum menetapkan jumlah pemilih potensial di Surabaya, KPU menggelar rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi DPHP.

Dalam pleno tersebut, lanjutnya, masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 31 kecamatan se- Surabaya melakukan pendataan jumlah pemilih potensial terlebih dahulu.

Hasilnya, ditemukan 2.009.072 pemilih potensial yang akan mengambil hak suaranya di 4.284 TPS di seluruh wilayah se- Surabaya. Rinciannya: 981.728 pemilih laki-laki dan 1.027.344 pemilih perempuan.

“Hasil inilah yang nanti akan menjadi bagian yang ditetapkan sebagai DPS oleh KPU Provinsi Jawa Timur,” tandasnya.