Rabu, 28 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

150 Ribu Suara Warga Madura di Surabaya Mengalir ke Eri-Armuji!

Berita Terkait

PIWALI SURABAYA: Eri Cahyadi silaturahim dengan warga Madura dalam elemen Suramadu Bersatu. | Foto: Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PIWALI SURABAYA: Eri Cahyadi silaturahim dengan warga Madura dalam elemen Suramadu Bersatu. | Sumber Data: Hasil Survei SSC
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) periode 19-24 November 2020 yang dirilis Rabu (2/12/2020), mencatat pasangan nomor urut satu di Pilwali Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji unggul dalam demografi kesukuan responden.

Khusus responden warga Madura yang tinggal di Surabaya, 55,6 persen memilih Eri-Armuji, Machfud Arifin-Mujiaman dipilih 40,7 persen, dan 3,6 persen sisanya undecided voters.

Temuan SSC tersebut semakin terang, setelah Kamis (3/12/2020) hari ini elemen Suramadu Bersatu siap mengalirkan sekitar 150 ribu suara untuk memenangkan Eri-Armuji saat coblosan, 9 Desember mendatang.

“Saya ini dulu calon independen, dan berhasil mengumpulkan 150 ribu KTP,” ujar Koordinator Suramadu Bersatu, Muhammad Yasin saat menggelar deklarasi untuk Eri-Armuji.

“Maka dari itu, massa pendukung saya yang dulu ini saya solidkan lagi, untuk bekerja bersama memenangkan Eri-Armuji. Kita bersama menyongsong kemenangan Eri-Armuji,” tandasnya penuh semangat.

Dukungan ini, pria yang akrab dipanggil Cak Yasin itu juga menepis  salah satu lembaga survei yang menyebut Machfud-Mujiaman unggul dalam demografi suku Madura.

“Segmen Madura yang kabarnya akan memilih Machfud, insyaallah itu tidak benar. Kami akan membalikkan itu dengan gerakan Suramadu Bersatu lewat para PKL (Pedagang Kaki Lima),” tegasnya.

Yasin optimistis, mengingat Suramadu Bersatu berisi kelompok dari PKL yang sebagian besar adalah segmen Madura yang tinggal di Surabaya. Apalagi, kedekatan dirinya dengan tokoh-tokoh Madura di Surabaya terjalin akrab sejak lama.

Terkait keputusan Suramadu Bersatu menjatuhkan pilihan pada Eri-Armuji di Pilwali Surabaya kali ini, karena merasa ada visi dan misi yang sama.

“Salah satu saja, visi dan misi kami yang sama adalah masalah PKL. Mulai dari penataan sampai berupaya menghidupkan PKL melalui sentra-sentra yang disediakan,” tutupnya.

Berdayakan Warga Madura

BERSATU: Warga Madura di Surabaya bersatu dukung Eri Cahyadi-Armuji. | Foto Barometerjatim.com/ROY HS
BERSATU: Warga Madura di Surabaya bersatu dukung Eri Cahyadi-Armuji. | Foto Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu Eri berterima kasih kepada seluruh pendukung yang terus bergotong royong menyambut Pilwali Surabaya 2020.

“Terima kasih Suramadu Bersatu yang telah begitu luar biasa mendukung Eri-Armuji. Sahabat-sahabat Madura adalah pilar penting dalam pembangunan Surabaya,” katanya.

Selama ini, lanjut Eri, warga Madura telah berperan menggerakkan ekonomi rakyat dengan spirit kewirausahaannya yang ulet dan pantang menyerah.

“Kami ke depan akan mendukung penuh pemberdayaan warga Madura, pengembangan ekonominya hingga peningkatan kualitas SDM-nya,” pungkasnya.

Sehari sebelumnya, rilis SSC membeber data kalau Eri-Armuji unggul di semua kategori demografi agama dan suku. “Eri-Armuji unggul di seluruh demografi suku responden,” kata Direktur Riset SSC, Edy Marzuki.

Rinciannya, beber Edy, untuk suku Jawa, 49,1 persen Eri-Armuji dan 37,5 persen Machfud Arifin-Mujiaman, serta 13,4 persen undecided voters. Lalu suku Madura, 55,6 persen Eri-Armuji dan 40,7 persen Machfud-Mujiaman, serta 3,6 persen undecided voters.

“Untuk suku lainnya di luar suku yang sudah disebut, 45,5 persen Eri-Armuji dan 36,4 persen Machfud Arifin-Mujiaman, serta 18,1 undecided voters,” pungkas Edy.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -